Jumat, 07 November 2008

Disiplin Mengatur Uang

Hampir semua orang pasti punya masalah yang sama, yaitu kesulitan dalam mengatur uang. Seringkali uang yang didapat tidak sesuai dengan pengeluaran. Dan saya juga termasuk salah satunya. confused Tidak heran, jika buku-buku yang beredar banyak membahas mengenai masalah ini.

Disini, saya ingin share sedikit tips (thread from magazine exclaim), sebagai pembelajaran untuk kita, terutama untuk saya pribadi.. hehehe

Tipsnya adalah:

1. Disiplin Diri
Hal yang pertama harus dilakukan adalah disiplin diri. Buat daftar tujuan hidup kamu selama 1-5 tahun ke depan. Misalnya: pengen punya handphone blackberry bold, kamera DSLR, atau berlibur ke Bali, bahkan keliling Eropa.

2. Rutin Cek Rekening
Kamu harus memaksa diri untuk rajin dan rutin memeriksa rekening tabungan dan tagihan kartu kredit. Periksa juga daftar pengeluaran, apakah ada pemborosan yang tidak kamu sadari.

3. Konsisten dengan Tujuan
Pikirkan, cukupkah pemasukan kamu untuk jadi modal meraih tujuan? Jika sulit hanya dengan mengandalkan gaji, pertimbangkan untuk cari tambahan. Kalau masih sulit juga, lihat kembali tujuan-tujuan hidup kamu, mungkin kamu mempunyai keinginan yang terlalu tinggi. Turunkan sedikit standar atau memberi kelonggaran, agar kamu tidak merasa terbebani.

4. Pengingat Setia
Share rencana kamu ke teman terdekatmu atau orang yang kamu percayai dan kamu anggap bisa membantu kamu untuk selalu mengingatkanmu tetap pada tujuan. Beri dia wewenang untuk selalu mengingatkan, ahkan menegur kamu kalau kamu mulai tergoda untuk memboroskan uang.

Selamat mencoba!! mrgreenmrgreenmrgreen

2 komentar:

muhfiasbin mengatakan...

Biasanya, ketika orang punya uang, maka batas antara "kebutuhan" dan "keinginan" jadi kabur...

Besar keinginan daripada kebutuhan...

Makanya, mengatur uang pun harus mengerti pula apa yang dibutuhkan hingga apa yang diinginkan. Baru, setelah itu proses mengatur-nya menjadi gampang

Luthfi mengatakan...

Wah, abang ga punya keempat2nya tuh. hiks.
Dah di link n di komen kan? maen2 juga ke blog abang ya. hehehe.